Content Marketing Belajar Strategi

Content Marketing

Content Marketing atau yang juga disebut pemasaran konten adalah ungkapan yang sering disebutkan ketika membahas pemasaran digital. Ini sering digunakan dalam banyak konteks yang berbeda; mungkin sulit untuk memahami apa artinya sebenarnya. Mari kita perjelas itu sekarang disini bersama kami dari Team Digital Super Website.

Disclaimer: Semua materi yang kami sampaikan disini adalah materi premium yang kami dapatkan dari mengikuti kursus Content marketing dari luar negri. Kami harapkan semua yang kami tulis disini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa itu Content Marketing

Content Marketing adalah penggunaan semua jenis media sebagai alat untuk mengumpulkan eksposur dan penjualan untuk Anda perusahaan atau organisasi.

Media adalah segala sesuatu yang telah dibuat seperti posting blog, artikel, video, gambar atau buku. Apa yang Anda baca sekarang adalah bentuk konten atau media. Itu bisa dalam bentuk panjang atau sangat pendek. Tujuan keseluruhan konten adalah untuk membuat pernyataan dengan cara yang menarik dan menarik bagi audiens pilihan Anda. Saat Anda menggunakan konten untuk tujuan pemasaran, Anda ingin menyertakan semacam ajakan bertindak yang mendorong orang untuk melakukan sesuatu. Anda dapat meminta mereka untuk mengeklik tautan, menelepon, menandatangani petisi, atau sekadar membagikan informasi.

Hal terpenting yang harus diingat ketika Anda menggunakan Content marketing adalah fokus pada pemberian nilai tambah. Anda disini tidak sedang membuat iklan. Sementara iklan adalah salah satu bentuk konten, mereka satu sisi yang lain. Tujuan iklan adalah hanya fokus untuk menjual.

Saat Anda menggunakan konten sebagai alat pemasaran, tujuan Anda adalah untuk mendidik, menginformasikan, dan melibatkan orang-orang dengan tujuan mengubah mereka menjadi pelanggan. Jadi jangan dikaitkan langsung bahwa content marketing selalu identik dengan iklan … Sama sekali bukan, ya. Sampai disini paham ya.

Content marketing bukan tentang penjualan langsung untuk meningkatkan laba Anda; ini tentang menggunakan informasi untuk menunjukkan kepada pelanggan dan calon pelanggan bahwa perusahaan Anda dapat memberikan nilai yang
mereka butuhkan untuk meningkatkan kehidupan mereka dalam beberapa cara. Ini adalah metode penjualan
tidak langsung yang dapat mengubah pelanggan menjadi klien yang konsisten.

Dengan berbagi konten, Anda mendorong bentuk komunikasi dua arah. Anda tidak hanya ingin orang menjadi pelanggan, Anda ingin mereka menjadi komunitas klien aktif yang menggunakan perusahaan Anda secara konsisten.

Alasan mengapa Anda sering mendengar tentang konten marketing

Jawabannya adalah karena bisnis mulai menyadari bahwa berkomunikasi dengan cara mengedukasi pelanggan sangatlah penting untuk membuat mereka loyal kepada bisnis atau produk Anda.

Sedangkan periklanan hanya melibatkan komunikasi singkat searah pada pelanggan. Anda mengumpulkan pesan dan gambar yang menurut Anda akan disukai orang dan Anda mengirimkannya sesuai keinginan mereka. Tidak ada ruang untuk dialog atau jenis keterlibatan apa pun dengan audiens Anda. Komunikasi seperti itu tidak lagi efektif seperti dulu. Orang-orang cenderung mengabaikan iklan sehingga Anda harus melakukan lebih banyak untuk membuat dampak.

Inilah sebabnya mengapa Content marketing harus digunakan oleh semua bisnis, terutama yang hidup di ruang digital. Anda memiliki kesempatan untuk terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang bermakna. Anda memiliki kesempatan untuk membantu memuaskan dahaga mereka akan pengetahuan sambil menyediakan produk atau layanan untuk mendukungnya.

Mengapa Harus Memahami Content Marketing?

Content marketing menarik customer
Content Marketing ibarat magnet yang menarik customers

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu content marketing atau pemasaran konten, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus menggunakannya.

Membuat konten dapat mengambil waktu dan usaha dari hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Ini jelas bukan pil ajaib yang dapat Anda gunakan untuk merasakan hasil yang menghasilkan keuntungan instan. Namun ini
adalah proses yang sangat berharga yang dapat Anda gunakan beberapa kali untuk membangun bisnis Anda.

Seperti halnya upaya pemasaran lainnya, Anda harus meluangkan waktu untuk membuat strategi, mengatur rencana, dan menentukan bagaimana Anda akan mengukur kampanye pemasaran konten.

Ya, ini membutuhkan waktu tetapi menghabiskan waktu dengan baik.

Berikut adalah beberapa statistik yang menunjukkan nilai dari pembuatan konten.

  1. Menurut Nielsen, 58% konsumen mempercayai konten editorial.
  2. 80% pengambil keputusan bisnis lebih memilih untuk mendapatkan informasi perusahaan dalam serangkaian artikel dibandingkan dengan iklan.
  3. 61% konsumen mengatakan bahwa mereka merasa lebih baik tentang perusahaan yang memberikan konten khusus dan, mereka juga cenderung membeli dari perusahaan tersebut.
  4. Perusahaan B2B dengan blog menghasilkan 67% lebih banyak prospek per bulan rata-rata daripada perusahaan non-blogging.
  5. Biaya pemasaran konten 62% lebih rendah dari pemasaran tradisional dan menghasilkan sekitar 3 kali lebih banyak prospek.
  6. Konten yang menarik adalah alasan utama orang mengikuti dan mengingat merek Anda.

Mengesankan, bukan?

Karena pemasaran konten masih cukup baru, manfaatnya masih ditentukan tetapi angka-angka ini lebih dari menjanjikan. Dalam beberapa tahun bisnis telah memasukkan konten ke dalam strategi pemasaran mereka atau membuat strategi pemasaran seputar konten, itu telah memberikan nilai yang besar.

Jika Anda ragu tentang pemasaran konten karena Anda khawatir melakukan investasi, pertimbangkan bahwa Anda telah melakukan beberapa bentuk pemasaran konten tanpa menyadarinya. Situs web atau website, landing page, email dan buletin perusahaan Anda adalah semua bentuk konten yang Anda gunakan untuk berkontribusi pada merek perusahaan Anda.

Anda mungkin tidak menyadarinya tetapi Anda sudah menggunakan konten dalam bisnis perusahaan Anda bahkan jika niat Anda bukan untuk mengumpulkan penjualan darinya. Sekarang saatnya untuk mengubah cara Anda melihat bagian komunikasi yang Anda buat untuk perusahaan Anda. Semua yang Anda buat memiliki kemampuan untuk mendorong penjualan atau membangun audiens.

Jika Anda tertarik buat website, langsung aja hubungi team kami dalam jasa pembuatan website.

10 Manfaat Mengapa Bisnis Anda Perlu Strategi Content Marketing

apa itu content marketing

1. Content Marketing Hemat Biaya

Akar pemasaran konten adalah informasi yang sudah Anda miliki. Yang Anda butuhkan hanyalah meletakkannya dalam format yang dapat dengan mudah dibagikan dan dicerna oleh calon pelanggan. Beberapa dari format tersebut bebas untuk dibuat dan didistribusikan seperti yang akan dibahas nanti.

Mereka memang membutuhkan waktu tetapi begitu Anda membuat konten yang kuat, konten tersebut sering kali dapat digunakan beberapa kali untuk menghasilkan pendapatan. Jadi, sementara investasi waktu awal mungkin cukup tinggi, seiring waktu manfaat yang didapat dari konten itu akan membuat investasi itu berharga.

2. Pemasaran Konten membantu Anda membangun hubungan dengan audiens Anda

Setiap kali Anda berkomunikasi dengan audiens Anda, Anda memberikan ruang untuk dialog yang mengarah ke suatu hubungan. Loyalitas merek muncul ketika konsumen memiliki hubungan dengan suatu merek. Sebelum pemasaran konten, hubungan itu biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang.

Sekarang Anda dapat melakukannya dalam waktu yang jauh lebih singkat dengan membagikan konten yang membantu menonjolkan perusahaan dan merek Anda. Menarik kembali tabir perusahaan untuk berbagi wawasan tentang apa yang mendorong perusahaan Anda dan nilai-nilai yang diwakilinya membantu menciptakan hubungan yang jauh lebih bermakna dengan konsumen. Konten adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan itu.

3. Content Marketing memungkinkan Anda menjadi sumber daya

Dengan berbagi informasi dan wawasan berharga dengan orang-orang, Anda dapat menunjukkan nilai yang dapat diberikan oleh perusahaan Anda. Dengan menampilkan diri Anda sebagai sumber daya, ini memberi Anda kesempatan untuk membangun tingkat kepercayaan sebelum orang menjadi pelanggan.

Ketika pelanggan mempercayai Anda, kemungkinan besar mereka akan menjadi klien jangka panjang. Mereka juga lebih cenderung merujuk pelanggan potensial lainnya ke bisnis Anda.

4. Pemasaran konten memberi Anda keunggulan kompetitif

Jika Anda bukan perusahaan multinasional dengan anggaran pemasaran yang besar, masuk ke pasar dan bersaing secara efektif mungkin tampak menakutkan. Anda mungkin merasa tidak memiliki kemampuan untuk bersaing terutama jika berada dalam industri dengan beberapa pemain utama.

Berbagi konten memberi Anda keunggulan karena itu menyamakan kedudukan. Anda memiliki perspektif yang unik dan dapat memberikan wawasan profesional seperti seseorang di perusahaan yang lebih besar. Perusahaan multinasional tidak memonopoli pengetahuan. Sehingga Anda bisa memanfaatkan fungsi dari Content Marketing ini.

5. Pemasaran konten tidak spesifik untuk industri

Setiap industri dapat memperoleh manfaat dari berbagi informasi dan wawasan berharga dengan konsumen. Anda tidak harus berada di bidang kreatif atau berorientasi hiburan untuk mendapatkan manfaat dari berbagi konten. Selama Anda memberikan nilai yang dapat digunakan orang, Anda akan mendapat manfaat dari pemasaran konten.

6. Pemasaran konten menciptakan pelanggan yang teredukasi

Terkadang sebagai bisnis Anda menghabiskan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Inilah sebabnya mengapa banyak website bisnis memiliki halaman pertanyaan yang sering diajukan. Ini dilakukan dalam upaya untuk mengajukan beberapa pertanyaan umum yang diajukan untuk memastikan bahwa ketika konsumen melakukan kontak, mereka memiliki pengetahuan.

Dengan berbagi konten, Anda membantu meningkatkan tingkat pengetahuan itu lebih banyak lagi. Itu membuat interaksi Anda dengan pelanggan lebih terfokus pada bagaimana Anda dapat membantu daripada dan kurang fokus pada mengapa mereka membutuhkan bantuan Anda.

7. Content Marketing menciptakan konsumen yang berdaya

Ketika orang diberi informasi dan pengetahuan tentang sesuatu, mereka diberdayakan untuk membuat keputusan yang tepat. Ketika pelanggan Anda diberdayakan, mereka bisa lebih paham dan lebih mudah diajak bekerja sama. Orang bisa apresiatif ketika diberi kemampuan untuk diberdayakan, terutama melalui berbagi informasi. Pelanggan yang apresiatif dapat berubah menjadi klien jangka panjang. Jadi mengapa tidak mulai dari sekarang menerapkan strategi content marketing ini.

8. Pemasaran konten dapat menyebabkan kampanye viral

Meskipun bukan ide yang bagus untuk membuat konten semata-mata untuk tujuan agar menjadi viral, Anda meningkatkan peluang Anda bahwa itu akan menjadi viral dengan membuatnya. Mungkin sulit untuk membuat sebuah konten menjadi viral terutama karena faktor-faktor yang menyebabkan paparan semacam itu dapat bervariasi dan sulit untuk dijabarkan.

Namun, dengan membuat konten, Anda lebih mungkin mengalami konten viral daripada jika Anda tidak membuat konten sama sekali.

9. Pemasaran konten memungkinkan Anda mengontrol pesan Anda

Ketika Anda adalah orang yang membuat konten yang digunakan untuk mewakili bisnis Anda, Anda dapat mengontrol apa pesan itu dan apa yang dikatakannya. Anda dapat menentukan siapa audiens ideal Anda dan membuat pesan hanya untuk mereka. Anda juga dapat menentukan konten mana yang paling berhasil.

Terkadang iklan tradisional dan pesan pemasaran bukanlah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan ideal Anda. Pemasaran konten memberi Anda fleksibilitas dan kontrol untuk melakukan yang terbaik bagi audiens Anda.

10. Pemasaran konten memungkinkan Anda untuk mendaur ulang informasi

Saat Anda membuat konten yang berharga, selalu mungkin untuk menggunakan kembali informasi tersebut untuk tujuan tambahan. Anda dapat mengubah kertas putih menjadi serangkaian artikel dan kemudian mengubah artikel tersebut menjadi video pendek. Kemungkinan untuk apa yang Anda dapat dilakukan dengan konten marketing, Anda hanya dibatasi oleh kreativitas dan imajinasi Anda sendiri.

Jika statistik yang dibagikan di awal tadi tidak cukup untuk meyakinkan Anda mengapa Anda harus menggunakan pemasaran konten, manfaat yang baru saja diuraikan ini harus melakukannya. Sebagai bisnis kecil, Anda harus kreatif dengan cara menjangkau audiens Anda. Menemukan cara Anda dapat terhubung dan menunjukkan nilai Anda akan sangat membantu dalam membangun basis pelanggan yang berkelanjutan.

Content marketing memberi Anda kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman Anda untuk membedakan diri Anda dari pesaing. Anda meninggalkan uang di atas meja jika Anda tidak memanfaatkannya sepenuhnya. Plus, tidak ada yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sama dengan Anda. Membuat konten memungkinkan Anda menjelajahi dan menggunakan proposisi penjualan unik Anda sendiri.

Mau Lanjut? Yuk simak lanjutannya :Strategi Content Marketing yang efektif dan bisa dipakai untuk bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us