Buat website atau landing page

Buat Landing Page Atau Website

Bagusan buat landing page atau website ya untuk mendongkrak omzet bisnis di masa pandemi seperti sekarang ini? Omzet saya sepi nih, jualan dengan buka toko baju lagi ngedrop mau jualan online aja deh. Jadi enaknya buat landing page atau website? Saya sales mobil nih, mau menjangkau calon pembeli melalui online, saya cocoknya buat landing page atau website ya?

Nah itulah sekilas beberapa pertanyaan yang diajukan dari beberapa orang yang ingin meningkatkan omzet bisnisnya. Mereka sebelumnya erbisnis dan berjualan secara offline dan karena saat ini di masa pandemi yang serba terbatas, maka mau menjangkau calon konsumennya melalui online.

Pertanyaannya: Cocoknya buat website atau landing page?

Buat Landing Page atau Website sesuaikan dengan Kebutuhan

Beberapa waktu yang lalu ada seorang bapak yang telpon saya dan menanyakan bahwa beliau tertarik untuk membuat website. Apa yang ditanyakan pertama adalah: “Berapa harganya kalau buat website?” Kemudian saya jelaskan kalau membuat website tarifnya sekitar 1.5 juta sampai 5 juta sesuai dengan apa yang diminta dan websitenya seperti apa.

Nah ternyata si penelepon tadi kaget dan berkata, koq mahal ya …. Saya pikir 500ribu bisa.

Stelah menjelaskan panjang lebar dan bertanya-tanya ternayat sebenarnya yang dimaksud si penelepon tadi adalah: Mau buat website 1 halaman untuk produknya dia, supaya dia bisa pasarkan melalui sosial media.

Nah…. Dari sini teman-teman mulai paham, ya. Ternyata sebenarnya yang dimaksud si bapak penelepon tadi adalah Landing Page dan bukan website.

Lantas Apa bedanya dong?

Beda Landing Page dan Website Secara Singkat

Disini saya jelaskan secara singkat saja, ya. Agar Anda yang kurang paham bedanya bisa mulai memahami dan mengerti kebutuhannya untuk bisnisnya apa? Website atau Landing Page.

Saya tidak menjelaskan secara detail. Tetapi mencoba menjawab secara singkat saja. Bahwa website adalah situs lengkap yang terdiri dari beberapa halaman dan memiliki banyak tautan atau link. Didalam Website bisa terdiri dari banyak konten dan salah satunya bisa berupa Landing Page.

Pengertian Website Secara Singkat

Jadi disini bisa dikatakan website itu lengkap, ada halaman depan atau biasa yang Anda lihat disebut HOME atau HOMEPAGE. Ada juga halaman “About us atau tentang kami”. Ada juga halaman-halaman lain penunjangnya dan bisa juga berisi BLOG di dalamnya yang berisikan update info. Bisa juga disisipkan Landing Page untuk halaman penjualan dan sebagainya.

Sebuah toko Online tentunya masuk dalam kategori Website Toko Online karena pastinya terbagi atas sistem penjualan dengan banyak halaman produk dan halaman cek-out.

Misalnya website Tokopedia, Shopee, Website berita detik com dan sebagainya. Banyak halaman-halaman dan banyak yang dimuat di dalamnya.

Bedanya Dengan Landing Page

Nah sudah paham ya…..

Setidaknya Anda mulai mengerti bahwa website itu situs lengkap. Nah sekarang apa bedanya dengan Landing Page?

Landing Page bisa disebut juga sebagai sales page. Merupakan satu halaman yang berisikan konten tentang produk atau jasa atau apapun yang ingin kita informasikan.

Jadi di Landing Page tidak berisi banyak informasi dan macam-macam informasi. Tetapi lebih fokus ke satu hal atau produk atau jasa. Selain itu di dalam Landing page juga sengaja dibuat tidak ada tautan atau link ke halaman lainnya. Tidak ada header dan menunya. Satu-satunya tautan atau link biasanya adalah ke WhatsApp tujuannya tentunya adalah untuk penjualan.

Sebagai contoh: Anda tertarik menjual jasa atau layanan servis AC dan cuci AC. Maka sebenarnya yang diperlukan apa?

Jawabnya: Bisa buat website bisa juga Landing Page.

Anda bisa buat website jika Anda ingin membuat suatu situs tentang keprofesionalismean Anda di bidang per-AC-an.

Anda bisa membuat konten banyak hal tentang servis layanan Anda. Bisa juga tentang hal-hal lain yang dituangkan dalam blog sembari Anda memiliki halaman penjualan di dalamnya.

Atau hal kedua adalah Anda tidak mau ribet. Langsung buat Landing Page tentang layanan servis dan cusi AC dan Anda promosikan melalui iklan di sosial media.

Keduanya bisa dibuat. Tapi kalau dalam contoh diatas Anda tidak mau ribet dalam tulis menulis, maka yang diperlukan cukup buat Landing Page saja.

OK sampai disini paham, ya

Beda Harga Landing Page dan Website

Ya tentu saja beda jauh ya. Ibaratnya Anda membangun sebuah kios toko untuk lapak Anda dan Anda membangun sebuah kantor lengkap yang juga melayani penjualan disitu. Tentunya fasilitasnya berbeda. Jelas sekali sebuah landing page jauh lebih murah dibandingkan membuat website.

Bagi teman-teman yang ingin membuat Landing Page bisa langsung menghubungi kami di: Jasa Landing Page dari Superwebsite.

Kami berusaha memberikan harga yang terjangkau bagi teman-teman yang merupakan UMKM. Dan tentunya tidak mengurangi kualitas dari apa yang kami kerjakan.

Tetapi jika Anda maunya membuat yang lengkap sekalian, yang Anda perlukan tentunya adalah sebuah website yang menggambarkan bisnis Anda. Baik itu produk fisik yang Anda jual atau jasa atau Anda ingin membuat company profile dari perusahaan Anda. Maka Anda bisa menghubungi kami Jasa pembuatan website dari Superwebsite.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us