Pakar SEO Indonesia

Pakar SEO Indonesia

Pakar SEO – Membahas mengenai dunia per-pakar-an memang membuat penasaran. Karena sebagai seorang pakar tentunya haruslah ahli dibidang yang bersangkutan. Seseorang yang benar-benar menguasai atau memiliki kemampuan dalam suatu bidang pengetahuan tertentu.Bukan hanya sekedar teori, tetapi juga memiliki pengalaman dalam bidang tersebut dan memperoleh keberhasilan. Seorang pakar tentunya bisa disebut benar-benar pakar jika sudah mempraktekkannya dalam kurun waktu tertentu dan bisa dibilang berhasil.

Karena itu dalam tulisan kali ini, kami dari Super Website akan mengulas secara praktis mengenai dunia per-pakar-an khususnya mengenai SEO atau “PAKAR SEO”.

Apakah Yang Dimaksud Pakar SEO itu?

pakar seo
Peranan Pakar SEO Harus Jelas

Pakar SEO adalah merupakan seseorang yang ahli dalam bidang SEO, memiliki pengetahuan secara spesifik dan telah mempraktekkan teorinya atau pengetahuannya. Dan telah mengalami hasil positif dari pengetahuannya. Sehingga bisa dikatakan berhasil menrapkannya dalam kurun waktu tertentu dan secara berkesinambungan.

Seorang pakar SEO tentunya harus menguasai secara benar mengenai dunia yang satu ini. Dunia SEO disini, biasanya berkaitan dengan sebuah ataupun bisa multi proses terhadap optimasi website ataupun media apapun dalam kaitannya dengan search engine atau mesin pencari.

Dan karena Google masih merupakan search engine atau mesin perncari ranking pertama hingga saat ini. Jadi untuk ulasan kali ini, kami membatasi pada SEO Google, ya. Supaya tidak rancu dan tidak meluas kemana-mana.

Tetapi sebelumnya anda, akan kami ajak memahami secara umum dahulu mengenai dunia per-SEO-an. Supaya paham dan jelas. Karena banyaknya orang yang ingin masuk dalam dunia SEO tetapi memiliki pemahaman yang terlalu sempit. Tentunya semuanya ini berkaitan erat dengan istilah pakar SEO pada akhirnya.

Baca juga: Pakar SEO Jakarta

Apakah SEO itu?

SEO adalah suatu proses optimasi sebuah website atau media agar dapat ditemukan oleh pencarinya sesuai dengan kata kunci yang dimaksudkan.

Di sebuah website SEO internasional searchengineland.com, dimana banyak mengulas dunia dan pakar SEO disebutkan secara gamblang mengenai pemahaman mengenai SEO secara gamblang dan jelas. Di website tersebut dikatakan bahwa SEO adalah merupakan singkatan dari “pengoptimalan mesin telusur”. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa ini akan memiliki artii proses untuk memperbaiki website Anda dengan tujuan meningkatkan visibilitasnya sehingga cocok dan relevan dengan pencarian yang dimaksudkan.

Dikatakan pula bahwa semakin baik visibilitas dari halaman website Anda dalam sebuah hasil pencarian, maka akan semakin besar kemungkinannya Anda untuk mendapatkan perhatian dan juga menarik calon target yang sudah ada ke bisnis Anda untuk dijadikan pelanggan.

Sampai disini bisa paham ya. Jadi apabila Anda memiliki website dan hendak dioptimasi SEO nya, maka perlu diketahui market atau target itu sebenarnya sudah ada. Tinggal bagaimana Anda bisa menarik target market itu ke website atau media yang Anda telah optimasi tadi.

Bagaimana Cara Kerja SEO Sebenarnya?

ahli seo
Memahami seluk beluk SEO

Yuk sekarang kita simak bagaimana sih cara kerja atau proses SEO itu? Koq bisa pakar SEO memahami proses ini?

Perlu diketahui bahwa mesin pencari seperti Google selalu menggunakan robot untuk merayapi setiap halaman di website. Robot Google selalu berkeliling pergi dari sebuah situs ke situs lain setiap saat tiada henti. Tujuan dari robot ini berkeliling adalah untuk mengumpulkan informasi tentang halaman website atau situs tersebut. Mengenai apa dan apa yang ada di dalam website yang dirayapi itu. Tujuan dari halaman itu dibuat dan sebagainya.

Kemudian dari apa yang dikumpulkan oleh mesin perayap atau yang sering disebut robot spyder memasukkannya ke dalam mesin indeks. Selanjutnya, proses algoritma yang telah dirumuskan oleh team Google, proses ini akan melakukan analisa halaman yang ada dalam indeks. Disini akan dipertimbangkan ratusan faktor atau sinyal peringkat, untuk menentukan halaman urutan alias ranking yang harus muncul di hasil penelusuran untuk kueri atau kata kunci tertentu.

Dari sinilah kita bisa melihat posisi ranking dari website-website di mesin pencari, jika kita mengetikkan kata kunci tertentu di browser Google.

Sampai disini paham ya….

Ratusan Faktor Yang Mempengaruhi Algoritma SEO

Seorang Pakar SEO akan berusaha menemukan “ratusan faktor” yang merupakan penentu dalam algoritma tadi. Walaupun Google tidak pernah membocorkannya, tetapi setidaknya ada tahap-tahap atau proses yang diulas secara dasar oleh pihak Google. Anda bisa membacanya disini: https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide

Dan algoritma Google terus berkembang dan terus disempurnakan. Tujuannya adalah bagaimana Kueri dan website bisa semakin mirip dan memiliki kecocokan sebagaimana harapan pengguna mesin telusur tersebut.

Bagi para newbi atau pemula tentu akan bikin pusing, ya. Tentu aja karena belajar SEO tidaklah segampang yang dibayangkan. Berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Kalau anda masih ingat nama “guru SEO” yang ternama saat itu Anne Ahira dengan Asian Brain nya. Beliau adalah ahli SEO dimasa itu. Dimana itu masih awal-awalnya dunia SEO muncul, apalagi di Indonesia. Tatapi entah kemana beliau saat ini, belum ada kabar beritanya lagi.

Sekarang masalahnya jauh lebih rumit lagi. Belum lagi para pemain besar dengan dana miliar-an yang digelontorkan untuk tahap SEO ini.

Siapa Saja Pakar SEO Indonesia?

Nah kita sudah membahas secara simpel apa dan bagaimana SEO itu ya. Sekarang pada bagian ini, kami akan mengulas mengenai siapa saja sih pakar SEO Indonesia? Kami megulas disini bukan dengan tujuan mendiskreditkan. Dan apa yang kami sebutkan disini BUKANlah menunjukkan URUTAN kehebatan dari masing-masing nama yang mungkin muncul.

Karena sebenarnya PAKAR SEO Indonesia itu banyak dan bisa BANYAK BANGET deh. Ngga mungkin kami menyebutkan satu persatu. Banyak sekali yang sangat luar biasa dalam dunia SEO ini. Hanya saja mereka tidak memunculkan namanya dalam dunia SEO ini. Alias mereka hanya bermain di underground atau bawah tanah dan tidak pernah memunculkan namanya.

Bisa jadi mereka hanya menyukai dunia blogger dan berbagi saja, sebagian lagi hanya bermain di dunia iklan Google. Sebagian lagi hanya membuat dan berbagi blog pribadi di dalam bisnis seminar yang mereka adakan. Sedangkan yang lain memang berbisnis sebagai Jasa SEO Profesional.

Beberapa diantaranya membidik berbagai kata kunci yang berkaitan dengan SEO dan kata kunci turunannya untuk melakukan branding. Seperti: Pakar SEO Jakarta, kata kunci ini cukup memiliki trafik dan rupanya banyak pemain SEO yang mentarget kata kunci yang satu ini untuk segment lokal.

Pakar SEO Indonesia yang berbisnis jasa SEO Profesional:

Beberapa diantaranya seperti mas Didik Arwinsyah, beliau adalah salah satu pembicara dan trainer SEO yang bagus. Beliau juga sering berbagi di kanal Youtubenya maupun di soial media.

Yang lainnya masih ada juga beberapa nama yang cikup populer juga seperti mas Zulfirman, ada mas Latief Pakpahan yang sering aktif di kanal Telegram SEO Indonesia dan mereka sering berbagi disana juga.

Ada juga mas Dfriansyah dengan LaskarSEo nya. Bergerak dibidang jasa konsultan, kursus SEO juga.

Ada juga mas Fajran Rachman, mas Hendra Yulianto yang membuka jasa konsultan SEO nya yang bagus pula.

Masih banyak deh yang lainnya ….

Belum lagi yang lainnya tidak kami sebutkan satu persatu, tetapi juga sangat mumpuni, hanya saja mereka tidak berbisnis sebagai profesional di bidang konsultan SEO, tetapi mereka hanya menggarap SEO dari sisi lainnya saja atau sebagian sisi saja.

Apakah Perlu Memakai Jasa Ahli SEO?

Ada pertanyaan yang yag disampaikan ke kami: “Apakah perlu memakai jasa ahli SEO?”

Perlu atau tidaknya kita menggunakan jasa ahli SEO adalah tergantung dari jenis website yang akan dan mau dioptimasi. Katakanlah jika itu adalah website perusahaan, website penjualan, dan sejenisnya. Jika Anda memiliki team IT bisa jadi mungkin Anda memerlukan dari jasa ahli pakar SEO dan team anda sendiri yang akan meneruskannya.

Tetapi jika anda membuat blog dinamis dan anda memiliki waktu untuk membuat blog dan belajar SEO, tentunya anda tidak memerlukan dari jasa SEO itu. Anda bisa melakukan optimasi sambil belajar dan bertahap sampai menemukan rumusan sendiri sesuai dengan website atau blog yang Anda buat.

Karena mengingat memakai Jasa Pakar SEO bukanlah harga yang murah. Hal ini disebabkan proses SEO itu sendiri tidaklah se-simpel yang dibayangkan. Dan lagipula proses pengerjaannya tergantung dari seberapa konpetitif kata kunci atau keyword yang ditarget dalam bisnis Anda.

Sebenarnya yang terpenting adalah Anda bsa paham tahapan dan bagian mana yang penting bagi optimasi website yang harus diprioritaskan. Sehingga saat membuat sebuah situs, landing page atau menyerahkan tahapan proses pembuatan website ke jasa pembuatan website, Anda setidaknya paham dan mengerti. Apakah website tersebut sudah optimal dari berbagai sisi.

Pada akhirnya, menjadi Master SEO atau AHLI SEO bukanlah suatu hal penting. Tetapi yang terpenting adalah memahami mengenai proses SEO itu sendiri. Seperti bagaimana melakukan research kata kunci, mengetahui persaingannya. Memahami tahapan onpage SEO atau bagaimana mengoptimasi konten pada halaman website dan seterusnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.