Penyebab Website Lemot Serta Solusinya

Penyebab website lemot apa aja sih? Memang bikin jengkel sekali, punya website yang lemot. Sudah buatnya susah dan ribet…. Eh sudah jadi dan bagus tampilannya, isi kontennya lha koq lemot. Benar-benar bikin jengkel deh. Nah karena itulah silahkan Anda simak solusinya di sini. Artikel konten ini kami buat murni berdasarkan pengalaman kami dalam membuat website yang berkualitas premium untuk menjadi sebuah SUPERWEBSITE.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab suatu website menjadi lelet, menjadi lemot, susah dibuka, lama loadingnya, lambat banget. Ujung-ujungnya pengaruh ke rangking yang jadi drop. Perhatikan sekali lagi, salah satu kriteria website yang handal dan memiliki rangking di mesin pencari semacam Google atau Yahoo atau Bing adalah website yang memiliki speed loading yang bagus. Biasanya kami melakukan test dengan sebuah tool yang biasa juga dipakai oleh para pakar internet marketer lokal maupun dunia. Namanya adalah GTmetrix. Nah Anda bisa coba ukur melalui tool tersebut. Berapa speed kecepatan dari website Anda?

Penyebab website lemot

Nah perhatikan gambar diatas. Saat Anda memasukkan Url website Anda ke GT metrix Anda bisa analisa apa sih yang menyebabkan website Anda jadi lemot, lambat, lelet, loading gak kelar-kelar. Pasti deh ada penyebabnya.

Berikut adalah Penyebab Website Lemot Berdasarkan Pengalaman Kami dari SUPERWEBSITE.

Analisa dibawah ini adalah berdasarkan pengalaman kami dengan menggunakan CMS WordPress ya. Perhatikan berbagai penyebab website jadi lemot. Dan dibagian akhir kami berikan solusi mengatasinya. Solusi yang simple namun manjur.

1. Hosting

Ini adalah hal pertama yang paling harus Anda cek dahulu. Hosting anda bagaimana kondisinya. Ada beberapa hal yang harus dicek mengenai kondisi hosting ini adalah seperti :

  • Server yang Anda pilih dimana? Kalau website yang Anda buat untuk tujuan Indonesia, maka ada baiknya server Anda pilih yang data centernya di Indonesia. minimal setidaknya kalau Anda suka hosting luar, pilihlah yang memiliki data center di Singapore.
  • Apakah hosting Anda sudah SSD storage dengan litespeed. Karena untuk saat ini itulah yang terbaik. Untuk saat ini lho ya… Kita berbicara mengenai shared hosting ya… karena bicara biaya murah.
  • Berapa core cpu hosting Anda dan berapa RAM serta bandwith nya. Carilah yang minimal RAM 2 GB dan 2 core dengan unlimited bandwidth ya.

2. Image atau Gambar

Hal kedua yang perlu mendapat prioritas adalah image atau gambar ya. Karena seringkali penyebab website lemot paling umum adalah image atau gambar. Ada baiknya Anda membuat atau memasukkan gambar tidak terlalu besar resolusinya. Usahakan maksimal dibawah 100kb ukurannya dan gunakan format .Jpg bukan .PNG.

Jangan sampai satu foto full dari kamera HP Anda langsung hajar main upload aja. Ya pasti lemot dong. Kecuali website Anda adalah web Photography, yang menampilkan hasil-hasil photo. Walaupun itupun masih bisa diakali, koq. Karena kalau terlalu besar, maka loading aksesnya juga bakalan kerepotan server Anda mengaksesnya. Belum lagi speed internet di Indonesia ini belum mumpuni. Apalagi masalah banyak orang akses dari HP yang notabene jaringan internet belum bagus di negara kita ini.

3. File CSS atau Javascript

Bagi website yang dinamis seperti wordpress, javascript memiliki peranan penting untuk fungsi-fungsi interaktif. Namun seringkali proses dari javascript ini menimbulkan delay pada render block. Hal inilah yang menyebababkan kalau Anda lihat website Anda waktu dibuka loading melulu, ngeser terus ngga keluar-keluar tulisan dan gambarnya. Untuk itulah perlu dioptimasi terlebih dahulu. Nanti solusinya akan kami berikan informasi di bawah ya…

4. Konten Animasi

Terlalu banyak memasukkan konten flash atau konten animasi juga akan membuat speed loading website Anda jadi lelet. Karena itu kurangi sebisa mungkin mengupload konten yang mengandung animasi. Karena bagaimanapun juga konten animasi atau konten flash ini memiliki ukuran besar. Dan hal ini juga akan memakan resource dari hosting Anda. Akhirnya ngeser terus lagi deh. Memang sih tampil bagus. tapi kalau lemot, gimana lagi. Mau tak mau hapus dari halaman website Anda. Karena yang Anda cari kan cara mengatasi website lemot ini kan. Jadi yake action ya.

5. Cache

Perlu diketahui bahwa fungsi cache ini adalah untuk [enyimpanan file html sementara saat website diakses. Sehingga saat diakses berikutnya akan jauh ringan karena tersimpan pada cache ini. Pengaturan Cache yang tidak maksimal juga menjadi salah satu penyebab. Akan membuat loading berat karen harus akses download semuanya dari awal. Hal ini tentu akan memakan bandwith server hosting Anda.

6. Theme atau Template

Perhatikan juga saat memilih theme atau template. Karena banyak sekali penyebab website lemot adalah karena theme atau template yang terlalu besar dan sangat berat pada server. karena itulah ANda perhatikan saat memilih theme atau template ini. Biasanya banyak theme yang melibatkan animasi dan juga slider di sana sini. Hal ini memang membuat halaman website Anda kelihatan cantik. Namun ada beberapa yang proses render nya lemot. Jadi perhatikan dan cek apakah slider ANda pada halaman yang Anda yang sedang dibuat memiliki slider dengan foto-foto yang besar? Biasanya pada slider yang besar memiliki foto diatas 100kb bahkan ada yang sampai diatas 250 kb… Apalagi kalau sampai beratus-ratus kb.. berat sekali.

Solusi Cara Mengatasi Penyebab Website Lemot.

Nah Anda pasti mau solusi dan cara untuk mengatasi peyebab website lemot dengan solusi yang paling simple kan? Cara paling gampang kan? Atau mau yang ribet? hhehehehe….

Nah …. kami adalah praktisi untuk membuat website. Jadi kami tidak mau memakan waktu kami untuk utak atik coding yang serba ribet tersebut. Karena tugas kami adalah membuat website yang berkualitas super dengan banyak rentetatn tugas-tugas yang harus kami kerjakan. So….. di sini kami harus kerja cepat namus efisien dan memiliki dampak keberhasilan yang besar.

Nah untuk itulah CMS yang kami pakai adalah WordPress dengan macam ragam plugin berkelas premium yang kami pakai.

Balik lagi ke solusi dari Penyebab website lemot diatas. Ada 6 bagian yang kami simpulkan. Karena 6 bagian tersebut merupakan yang inti kan. percuma kalau kami tulis sebanya 13 atau 15 tapi Anda malah bingung. Dengan 6 bagia inipun akan memberikan speed yang optimal pada website Anda.

  • Pilih hosting yang bagus.
  • Pergunakan plugin image optimizer semacam Smush atau Smush Pro.
  • Pergunakan plugin Cache.
  • Nah yang ini juga perlu kalau plugin cache Anda kurang lengkap bisa ditambah plugin minify dan Gzip Perhatikan apa sudah ada di plugin Anda).

Nah itu aja sih… Ngga ribet kan? Kalau mau bagus pakai sebuah plugin yang namanya WPRocket. Keren banget nih plugin. Tapi tetap setingan harus benar ya… Lain kali kami akan buatkan video panduan setting yang benar sehingga hasilnya maksimal.

Anda tertarik mau buat website super yang dioptimasi secara maksimal? Silahkan Anda cek disini ya mengenai jasa pembuatan website di Bali.

Kami dari Superwebsite merancang website dan landing page (halaman penjualan) yang berkualitas super. Dengan tujuan optimasi sesuai konsep bisnis Anda.

Kesimpulan Penyebab Website Lemot

Sebagai akhirnya kami tarik kesimpulan bahwa yang menyebabkan website lemot, bukan lah faktor hosting semata. Memang hosting penting. Tetapi optimasi dari berbagai hal di dalam website itu sendiri yang ada di dalamnya juga memegang peranan penting. Gunakan plugin yang benar-benar perlu. Bersihkan atau delete plugin yang tidak dipakai dan memang tidak diperlukan. Pilihlah theme yang berkualitas. Mau konsultasi mengenai optimasi Speed Loading? Silahkan free konsultasi dengan kami Superwebsite, untuk kita diskusikan bersama-sama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Need Help? Chat with us