Usaha catering makanan sehat

Usaha Catering Makanan Sehat

Berbicara peluang usaha catering makanan sehat, maka kita harus paham dahulu segmentasi pasar yang mau digarap. Memang sebenarnya jenis bisnis makanan tidak ada matinya, jika kita bisa menemukan potensi pasar yang kita bidik. Nah termasuk pada bisnis catering makanan sehat.

Memang potensinya tidak sebesar jual makanan yang umum, tetapi yang mau kita garap adalah sebuah potensi market yang sebenarnya masih banyak tetapi sedikit yang menggarapnya. Untuk itu Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menjalankan usaha ini. Tetapi pada intinya pahami dengan jelas tujuan dan spesifikasi bisnisnya. Sehingga anda bisa menjalankan dengan sukses salah satu ide peluang usaha di Bali 2021 ini.

Yang Perlu Diketahui Dalam Menjalankan Usaha Catering Makanan Sehat

Hal penting dalam usaha catering makanan sehat
Perhatikan detail makanan sehat

1. Mengapa Harus Berupa Bisnis Catering

Perlu diketahui dahulu arti catering ata istilahnya jasa boga adalah layanan pemesanan makanan atau masakan baik untuk acara tertentu seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun maupun untuk keperluan sehari-hari dengan menu khusus seperti menu diet, menu sehat.

Bisnis catering merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Banyak orang yang sukses menjalankan peluang bisnis yang satu ini. Memang beda dengan bisnis makanan yang berbentuk resto atau depot atau warung tenda yang memiliki tempat untuk makan disana.

Bisnis catering ini biasanya dibuat, karena memang kita tidak melayani orang makan ditempat. tetapi sebenarnya terletak pada jasa yang disediakan.

Bisnis catering dipilih karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Seperti keterbatasan tempat, keterbatasan modal usaha. Coba bayangkan untuk membuat sebuah rumah makan sederhana saja diperlukan modal yang tidak kecil. Berapa coba harga sewa tempatnya, berapa biaya renovasinya, berapa biaya untuk meja kursi dan perabot dekor yang diperlukan untuk membuat rumah makan.

Mau buat warung tenda juga, tidak mudah. Bersaing dengan banyak penjual yang ada disekitar. Belum lagi cari tempatnya susah banget. Lainnya lagi, harus dorong gerobak, bongkar pasang tendanya dan masih banyak hal yang perlu dipikirkan.

Sedangkan untuk sebuah usaha catering, anda bisa memulainya dari rumah sendiri. Dengan peralatan yang adapun, sudah bisa dimulai. Praktis dan tidak perlu modal tambahan yang besar. Bisa mulai dengan modal secukupnya. Jika sudah memiliki pelanggan cukup, baru bisa ekspan.

2. Mengapa Harus Catering Makanan Sehat

Nah point kedua yang harus diperhatikan dalam memilih bisnis catering makanan sehat adalah yang kita bidik adalah segment orang yang mau hidup sehat dan memperhatikan makanannya. Sebenarnya mau catering makanan umum pun bisa digarap juga, hanya saja tingkat persaingannya sangat ketat dengan mereka yang berbisnis catering dan sudah punya nama.

Ide peluang usaha caering makanan sehat ini, merupakan potensi yang sebenarnya masih banyak orang yang belum menggarapnya. Dan ini adalah peluang tersendiri yang bisa digarap dan menghasilkan tanpa harus masuk dalam persaingan yang berdarah-darah karena ketatnya persaingan dalam bisnis tersebut.

3. Persiapan Modal dan Perhitungan Laba

Modal untuk memulai usaha catering makanan sehat ini tidaklah terlalu besar untuk diawal. Dimana anda bisa start melakukannya dengan peralatan yang ada dahulu, seperti kompor, peralatan masak dan sebagainya. Hanya saja yang perlu dikaji dan dipertimbangkan adalah faktor “kebersihan”. Anda bisa sedikit meronovasi dapur anda menjadi lebih bersih dan kelihatan cantik. Karena bisa saja mungkin pelanggan anda mampir melihat tempat produksi makanan sehat yang dibelinya. Tidak perlu terlalu bagus, tetapi bersih dan higienis.

Hal lain yang perlu disediakan adalah kemasan. Ini tidak perlu modal terlalu besar. Anda bisa memulai dari kemasan karton box yang banyak dijual ditoko plastik atau toko penjual aneka kemasan. Bisa juga menggunakan rantang stainless atau rantang plastik. Sedangkan Untuk kemasan box sekali pakai, anda juga perlu mencetak sticker “brand” catering anda.

Bahan Baku juga pertimbangan yang utama. Pilihlah bahan baku sesuai menu yang anda sudah pilih. Pilihlah bahan baku yang berkualitas, ya. Ingat yang anda kerjakan adalah usaha yang berkaitan dengan “kesehatan”. Jadi harus bagus kualitasnya dan higienis serta menyehatkan.

Sedangkan Untuk idenya anda bisa berdasarkan pengalaman, atau kalau anda tidak memiliki pengalaman , anda bisa mencarinya di Google. Coba dahulu resepnya, lakukan uji coba pada beberapa orang keluarga, teman, bisa juga tetangga anda. Pilih orang yang memiliki citarasa yang bagus untuk uji taste ini. Minta pendapat dan sarannya secara jujur, ya. Karena banyak orang karena alasan sungkan, makanan tidak enak dibilang enak, karena alasa sungkan, takut tersinggung dan sebagainya.

Untuk perhitungan laba dan keuntungan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil keuntungan minimal 30%. Tetapi karena ini makanan sehat, yang sebenarnya notebene segment pasarnya adalah menengah keatas, maka keuntungan bisa anda dapat lebih dari 50%.

Tergantung dari taste dan kreasi menu serta nilai tambah yang anda sisipkan di menu tersebut. Misalnya anda dalam setiap kiriman, ada kertas print yang isinya data kalori, lemak, nilai gizi dan sebagainya. Hal ini akan memberikan “Nilai Tambah” yang bisa mendongkrak reputasi dan pastinya keuntungan.

4. Pemasaran dan Promosi Usaha Catering

Untuk promosi usaha Catering ini, Anda dapat lakukan berbagai cara. Salah satu cara paling efektif adalah melalui Instagram. Anda bisa lakukan dengan cara organik ataupun berbayar. Karena dengan promosi melalui media sosial ini akan bisa menjangkau target dengan tepat sesuai dengan tujuannya.

Cara nya adalah buat akun instagram dengan nama bisnis anda, dan posting foto menu anda. Tetapi perhatikan dalam posting foto ini, adalah usahakan yang terbaik ya. Kalau anda bisa powerpoint, anda bisa memanfaatkan template powerpoint khusus mengenai makanan. Tujuannya supaya display bisnis anda di IG bisa kelihatan cantik dan menarik orang untuk bertanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us