Apakah Heading Blog Mempengaruhi Ranking

Heading blog seperti H1, H2 dan H3 apakah bisa mempengaruhi ranking dalam mesin pencari? Atau istilahnya yang sering disebut SEO atau search Engine optimization. Kalau kita lihat banyak sekali diluaran disebutkan kalau kita harus membuat suatu konten dalam website atau blog, maka berikanlah heading H1, H2, H3 atau dengan kata lain judul, sub judul 1, sub judul 2 agar bisa konten tersebut ranking di halaman satu Google. Apa benar demikian?

Pengaruh Heading Blog Dalam Ranking SEO

Seorang pakar SEO “Neil Patel” mencoba melakukan riset terhadap hal tersebut. Dalam riset tersebut Neil mencobanya dalam beberapa website dengan usia domain diatas 3 tahun. Dan segala sesuatu disetting agar mendekati hasil yang sama. Segala sesuatu yang membelokkan hasil diusahakan dikurangi di sini.

Riset dilakukan dengan beberapa test diantaranya :

  1. Halaman dengan heading H1, H2, H3
  2. Halaman tanpa heading. Hanya diberi text paragraph biasa.
  3. Halaman dengan Text biasa (status paragraph) hanya saja diberi ukuran format font yang berbeda.

Dalam eksperimen ini mereka memastikan halaman website tersebut sama-sama telah terindex google dan sihitung start dalam skala prioritas 90 hari setelah terindex.

Apapkah hasilnya dari riset tersebut?

Ternyata hasilnya memang cukup mencengangkan dan memang luar biasa riset tersebut. Sangat memastikan buat kita semua yang berusaha untuk bisa mempelajari berbagai aspek SEO agar bisa meranking halaman website untuk mendapatkan trafik. Kan memang bukannya kita memang berharap apa yang sudah kita tulis sebagai konten dalam website bisa dibaca oleh banyak orang. Nah ini hasilnya.

Pengaruh Heading Pada Kelompok Pertama

Apakah heading blog mempengaruhi rangking

Ternyata pada kelompok 1, yang mana pada halaman blog website tersebut diberikan susunan kerangka penulisan dengan struktur judul, sub judul 1 dan sub judul 2 atau H1, H2 dan H3 memiliki rangking yang signifikan dan memberikan trafik yang bagus.

Pada gambar diatas Anda bisa melihat bagaimana dalam rangking dan trafik mengalami peningkatan dalam 90 hari riset dilakukan.

Pengaruh Heading Pada Kelompok Kedua

Sekarang pada kelompok 2, dimana pada eksperimen dilakukan tanpa ada strukturisasi penulisan judul atau sub judul sama sekali. Jadi semuanya terformat dalam bentuk paragraf biasa. Dan bagaimana hasilnya?

Apakah heading blog mempengaruhi rangking seo

Ternyata pada kelompok kedua ini hasilnya begitu mengecewakan. Tidak ada peningkatan hasil melainkan dalam rangkin dan pencarian sama sekali. Malah terus rangkin dan traffic diturunkan terus dalam rentang waktu 90 hari ini.

Pengaruh Heading dalam Rangking Kelompok Ketiga

Penasaran bagaimana hasilnya. Langsung lihat grafik dibawah ini :

Nah pada gambar diatas adalah hasilnya. Anda bisa lihat sendirikan. Ternyata walaupun tanpa penulisan penggunaan H1, H2 atau H3 tetapi hanya ada perubahan struktur ukuran font memberikan hasil yang positif memberikan trafik yang bagus. Otomatis rangking juga meningkat. OK

Apa kesimpulan dari ini semua? Apakah Heading blog memberikan pengaruh dalam Trafik?

Jawabannya Anda bisa simpulkan sendiri ya…..

Satu hal pastikan website Anda juga memiliki kriteria dalam SEO yang terukur. Untuk itulah kami dari Super Website berusaha terus mempelajari dan memaksimalkan dari semua kriteria SEO yang terupdate.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Need Help? Chat with us