Menulis artikel SEO yang efektif

Menulis Artikel SEO

Bagaimana menulis artikel SEO yang berbobot? Berapa panjang yang diperlukan untuk sebuah konten blog yang bagus, agar bisa memiliki ranking yang bisa tembus di mesin pencari? Kalau kita lihat dari pertanyaan ini tentunya hal ini merupakan hal yang menarik diulas. Coba Anda lihat pada beberapa rekomendasi dari plugin-plugin untuk SEO yang bisa digunakan. Pada Yoast SEO mensyaratkan setidaknya 300 kata untuk bisa disebut sebagai artikel SEO yang standard. Sedangkan kalau kita lihat pada Rankmath memakai acuan setidaknya 600 kata.

Terus mana yang baik sebenarnya menulis artikel SEO yang baik dan bisa memberikan hasil positif pada posisi konten yang kita tulis. Kita tentunya tidak mau kan menulis artikel untuk mengisi blog kita dengan sia-sia. Sudah capek-capek menulis, berjam-jam, ngga ada yang membaca. Sudah capek-capek seharian membuat landing page, nge-desain sebaus mungkin, masih juga ngga ada posisi di mesin pencarian. Capek deh…

Baca juga: Jasa landing page murah

Pelajari Tujuan Menulis Artikel SEO

Perhatikan hal ini. Tujuan dari posting ini adalah untuk menjelaskan berapa panjang artikel blog yang Anda tulis seharusnya. Ada satu hal yang benar harus dan ingin saya jelaskan mengenai jumlah kata. Sebenarnyaberapa jumlah kata dari artikel yang kita tulis, bukanlah merupakan faktor peringkat yang berdiri sendiri.

Perhatikan statement ini bahwa “Berapa Banyak kata atau panjang penulisan artikel SEO yang kita buat” tidak berdiri sendiri sebagai penentu kesuksesan dari artikel tersebut masuk ke sepuluh besar pada halaman pertama Google.

Jumlah kata dalam menulis konten SEO hanya berguna jika kualitas kontennya tinggi alis bagus! Anda dapat saja menghasilkan artikel 10.000 kata. Tapi jika isi dan makna dari konten yang Anda buat tidak memiliki makna atau manfaat alias tidak berkualitas, maka artikel tersebut bisa saja tidak layak mendapatkan peringkat di mesin pencarian.

Karena yang diutamakan Google sebenarnya adalah pencocokan dari apa yang dicari dan jawaban untuk setiap permasalahan dari apa yang dicari tersebut. Jadi Apakah jumlah kata penting dalam menulis artikel SEO? Ya, memang, dan itulah sebabnya saya saya membahasnya disini. Tetapi jumlah kata hanya penting bila digabungkan dengan manfaat dari artikel tersebut.

Baca juga: Pakar SEO Jakarta

Faktor Penting: Kualitas Konten SEO

Perhatikan hal ini. Kualitas menulis artikel SEO sangat penting. Bukan hanya sekedar panjangnya saja. Penulisan panjang dan banyak kata hanya bisa diterapkan jika memang diperlukan. Bisa jadi artikel yang hanya 250 kata menempati posisi #1 pada mesin pencari Google untuk kata kunci persaingan sedang. Tetapi tetap saran saya sih, minimal usahakan 300 kata bisa masuk, ambil amannya saja deh…..

Lha koq bisa? Iya, karena menurut Google konten tersebut memenuhi persyaratan algoritmanya. Perhatikan keberhasilan penulisan isi blok sebenarnya tetap memperhatikan algoritma dari mesin pencari yang kita target.

Menulis artikel SEO yang panjang hanya dipakai jika konten yang kita tulis adalah benar-benar memiliki bobot. Seperti menulis tutorial dan sejenisnya.

Jadi penulisan artikel SEO yang terbaik sebenarnya tidak terlalu ribet dan sulit. Yang Anda perlu perhatikan adalah kualitas dari makna atau isi artikel tersebut, sehingga pembaca betah menyelesaikan dan menyimak dengan jeli konten anda karena merasa bermanfaat. Hal ini tentunya berpengaruh, pada berapa lama pembaca membuka halaman dari blog Anda tersebut. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada “Perubahan Posisi” pada konten Anda yang baru.

Hal lainnya yang sangat-sangat berpengaruh adalah faktor SEO On Page, yaitu mengatur strategi penulisan dan aturan penulisan yang baik dan benar dengan kaidah SEO. Seperti mana yang cetak tebal, mana Heading satu (H1) dan mana yang Heading dua (H2). Keterkaitan antar heading dan isi konten. Anda bisa membaca konten mengenai “apakah heading blok mempengaruhi ranking“. Strategi membangun internal link juga sangat menentukan dalam kesuksesan menulis artikel SEO ini.

Baca juga: Apa itu SEO On Page

Jadi sebagai kesimpulan dari keberhasilan pembuatan konten SEO ini adalah panjang artikel sesuaikan dengan makna dan manfaatnya, alias berkualitas. Kedua perhatikan fakto kaidah onpage SEO nya. So … SImpel banget jika anda terapkan pada penulisan konten pada blog Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us