Beda plugin theme nulled dan GPL

Beda theme Plugin Nulled VS GPL

Banyak yang WA ke kami, apa sih kak bedanya plugin atau Theme nulled VS GPL? Apakah aman memakai plugin atau theme yang nulled? Resikonya apa ya kak? Nah … Perlu diketahui ya, memang benar sebenarnya ngga cuman software aja yang ada versi nulled nya. Bahkan plugin pun banyak kalau dicari yang menampilkan versi nulled atau cracked.

OKE, disini kami akan coba menjelaskan dengan cara awam yang paling gampang dimengerti, ya. Kami tidak menjelaskan dalam bahasa programmer atau ahli coding. Tetapi menjabarkan dalam bahasa nubie supaya orang awam bisa memahami yang sebenarnya.

Sebenarnya kami sama sekali tidak menyarankan Anda menggunakan plugin bahkan theme WordPress versi nulled. Karena harus diketahui bahwa versi nulled itu biasanya biasa disisipi malware, setidaknya ada backdoor di dalam plugin atau theme yang berupa nulled. Hal ini bisa terjadi karena setiap plugin atau theme versi premium ada yang namanya license. Nah untuk me-nonaktifkan license tersebut, disisipi dengan virus jenis tertentu. Mereka sering menyebutnya adalah False Positif.

Virus False Positif terdetect ketika sebuah program antivirus mendeteksi file-bersih sebagai file-terinfeksi malware. Atau dengan kata lain, false positif sebenarnya bukan virus yang merusak file atau membahayakan baik di komputer Anda atau website Anda. Istilahnya false positif adalah virus yang tertidur dan tidak berbahaya.

Hanya saja kami tidak pernah menyarankan Anda menggunakan produk atau program apapun, meskipun itu adalah false positif. Apalagi untuk website. Karena bisa membuat backdoor dan memudahkan website Anda terkena hack.

Untuk mendeteksi virus apapun, Kami menyarankan Anda melakukan scan dahulu terhadap plugin atau theme yang Anda akan upload. Scan terlengkap yang bisa Anda pilih adalah: VirusTotal.com

Plugin Theme Versi Nulled VS GPL

Nah, sekarang kita bahas plugin atau theme GPL. Apa sih versi GPL ini? Apakah Nulled sama dengan GPL? Sebenarnya kita tidak bisa men-judge dengan mengatakan GPL dan nulled itu sama. Sebenarnya sama sekali berbeda. Hanya saja, yang kami herankan adalah banyak di forum-forum di Indo ini yang ngga ngerti cuman asal komen aja dan mengatakan nulled itu sama dengan GPL.

Salah satu teman kami yang juga menjadi bagian dari team Super Website yang pakar coding dan menguasai bahasa pemrograman pada theme dan plugin menemukan “Terdapat perbedaan struktur coding pada versi nulled dan GPL”. Jadi misalnya pada sebuah PLUGIN A, terdapat beda struktur penggarapan untuk sisi licensenya. Jadi memang beda antara NULLED vs GPL.

SEBENARNYA GPL atau GNU itu sama sekali BERBEDA dengan NULLED. 100% beda. Versi Nulled seperti yang kami jelaskan diatas, bahwa untuk sebuah theme atau plugin premium yang memiliki license akan mereka coba bobol dengan memasukkan program tertentu sejenis virus false positif. Sedangkan versi GPL atau GNU adalah suatu kondisi dimana pihak ketiga membeli plugin atau theme dalam kondisi tanpa license. Jadi kalau versi GPL itu yang asli, seharusnya merupakan theme atau plugin yang 100% sama dengan yang asli. Mereka juga bebas virus dan malware. Bahkan jika discan dengan apapun, tidak akan ada virusnya.

GPL sendiri sebenarnya merupakan kepanjangan dari General Public License. Lisensi GPL ini biasa digunakan di software-software versi yang gratis. Dikeluarkan oleh Richard Stallman dari Free Software Foundation untuk GNU Project, lisensi ini memperbolehkan untuk sebuah software atau platform untuk digunakan, didistribusikan secara gratis oleh siapa saja. Tapi bukan untuk dimodifikasi, ya. WordPress sendiri juga memang dirilis dengan lisensi GPL karena WordPress adalah software open-source yang bisa digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja.

Terlepas bagaimana pihak ketiga mendapatkan produk asli dengan lisensi GPL, ya ini. Karena itu rahasia masing-masing penyedia lisensi GPL tersebut.

Darisemuanya ini, maka jika dilihat dari kualitasnya, kami masih prefer dengan license GPL ya daripada versi nulled. Karena akan membahayakan website Anda. Hanya saja hati-hati ya. Karena Anda tidak pernah tau itu nulled atau GPL. Jalan satu-satnya adalah dengan menggunakan scan di virustotal.com seperti diatas.

Tetapi jika Anda memiliki dana cukup, tetap kami lebih menyarankan 100% Anda membeli versi ORIGINAL LICENSE di developernya. Atau kalau mau murah, cari orang yang menjual eceran versi asli secara eceran, biasanya harganya jauh lebih murah. Seperti : Jasa Install Astra Pro Theme Original License ini. Jadi penyedia jasa hanya memasukkan license asli atau original yang mereka beli dari developer, kemudian diecer dengan harga yang terjangkau. ATu istilahnya urunan, ya…. hehehe.

Resiko Menggunakan Theme Pugin Nulled

Seperti kami jelaskan diatas, Jangan pernah melakukan install plugin atau theme yang mengandung virus apapun itu jenisnya. Sekalipun itu disebut false positif atau tidak berbahaya. Apalagi Anda hanya langsung install. No… Jangan lakukan kebiasaan salah ini.

Karena bisa-bisa berakibat fatal bagi website Anda dan ujung-ujungnya bikin using sendiri. Karena bisa memberikan berbagai efek negatif bagi website Anda seperti : Lebih mudah kena hack, membuat website lebih lelet atau lemot loadingnya karena file size nya beranak dan tentunya ini berakibat menghabiskan resource dari hosting Anda. Dan yang paling parah adalah muncul hal-hal yang aneh-aneh di website Anda diluar kendali Anda, karena terdapat malware yang merugikan.

Baca juga : Pakar SEO Jogja untuk memahami apakah jasa SEO masih efektif digunakan saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us