cara agar laptop tidak lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Bagi kita yang sering bekerja di depan laptop atau sering memakai laptop akan dapat merasakan kinerja laptop yang kita pakai. Apalagi kalau tiap hari berhadapan dengan laptop yang sama atau tidak berganti-ganti laptop. Nah kendala yang perlu diketahui adalah bahwa kinerja laptop kita seringkali menjadi lemot, jadi lambat kinerjanya. Nah untuk itu perlu untuk kita ketahui solusis cara agar laptop tidak lemot lagi.

Memang yang sering terjadi adalah kita merasakan laptop kita sudah tidak seperti waktu masih baru gress kita beli. Ya kan? Rata-rata pasti sering mengalami hal tersebut. Memang sih ada beberapa software untuk membuat kinerja laptop bisa prima lagi, tetapi biasanya software tersebut mengharuskan kita untuk membayar alias beli. Dan biayanya tidaklah murah.

Bagaimana Cara Agar Laptop Tidak Lemot Lagi?

Sebenarnya penyebab laptop menjadi lemot waktu di pakai adalah karena banyak file-file yang menumpuk di dalam local disk. Walaupun RAM kita sebenarnya sudah cukup lumayan besar, tetapi file-file di dalam lokal disk ini ternyata menyedot kemampuan dari RAM itu sendiri. Karena itulah kita menjadi sering merasakan kinerja laptop kita sudah tidak seprima waktu masih baru.

Nahkali ini Superwebsite akan berbagi tips atau cara untuk membersihkan file di dalam lokal disk yang sebenarnya sudah tidak terpakai lagi. Tapi cukup mempengaruhi kinerja laptop kita. Yuk kita langsung praktek ya.

cara agar laptop tidak lemot
  1. Pada keyboard Anda, langsung tekan tombol Windows, tahan kemudian tekan tombol huruf R.
  2. Kemudia akan terbuka jendela “RUN”. Di dalam kotak kecilnya, ketikkan %temp%, kemudian klik OK.
  3. Setelahnya Anda akan dibawa pada local disc, yang didalamnya terdapat banyak file yang sebenarnya sudah tidak terpakai lagi. Biasanya file ini adalah log penyimpanan hasil kerja laptop dari beberapa waktu yang lalu dan disimpan disini secara otomatis. File-file ini biasanya dikenal dengan file sampah dan tidak terpakai, karena kita juga ngga akan pernah bakalan buka file ini.
  4. Nah tahap berikutnya, Anda tinggal blok file ini dan delete saja.
  5. File sampah berikutnya adalah di recycle BIN. Ini juga harus secara continue dihapus karena sangat mempengaruhi kinerja laptop. Folder recycle BIN biasanya diletakkan di layar desktop Anda, yaitu bagian paling depan sendiri, ada gambar “Kotak Sampah”. Anda tinggal KLIK dan “Hapus” file-file tersebut.
  6. Done, kini rasakan bedanya kinerja Laptop kita akan lebih prima dari sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video tutorialnya di bawah ini :

Sekian dulu tips cara agar laptop tidak lemot. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Need Help? Chat with us