Cara membuat konten yang menarik 2

Cara Membuat Konten Menarik

Bagaimana sih cara membuat konten yang menarik, gampang dibuatnya dan tidak menyita waktu banyak dan hasilnya bagus? Memang membuat konten yang menarik terkadang membuat banyak dari kita kebingungan. Memikirkan ide,merealisasikannya dan semuanya deh. Bikin pusing tujuh keliling. Yah nggak

Nah masih dalam seri Content Marketing yang mana kita sudah banyak belajar mengenai banyak hal yang menambah wawasan kita dan mengapa kita harus menggunakan pemasaran konten ini dalam lingkup bisnis kita.

Juga kita sudah membahas secara lengkap dan padat mengenai strategi Content Marketing yang bisa diadopsi untuk pengembangan bisnis kita melalui metoda yang cocok tentunya.

Dan sekarang kita membahas bagaimana Cra membuat konten yang menarik dan mudah dikerjakan dan hasilnya lebih cepat dan efisien waktu.

Memahami Cara Membuat Konten VS Kurasi

Terkadang pemilik bisnis menekankan diri mereka sendiri tentang membuat konten yang akan digunakan untuk pemasaran sehingga prosesnya menjadi terlalu melelahkan dan menantang. Anda sebenarnya tidak harus membuat setiap konten yang Anda gunakan. Ada begitu banyak informasi di luar sana sehingga Anda masih dapat memberikan nilai dengan mengarunginya dan berbagi nugget pengetahuan yang paling bermanfaat dengan audiens Anda.

Ini disebut konten kurasi. Itu masih memungkinkan Anda untuk menampilkan keahlian Anda karena Anda menyoroti informasi yang paling berharga, akurat, dan bermanfaat bagi pelanggan Anda. Penting untuk diingat bahwa kurasi konten juga melibatkan waktu dan usaha dan dapat memakan waktu sama banyaknya dengan membuat konten saat Anda baru mengenalnya.

Ada pro dan kontra untuk kurasi dan pembuatan konten. Keduanya bekerja dengan baik dan dapat membantu meningkatkan penjualan dan eksposur untuk bisnis Anda. Namun, perlu mempertimbangkan pilihan sebelum membuat pilihan.

Cara Membuat Konten Dengan Metode Mengkurasi Konten

Akar dari kurasi konten melibatkan pengambilan potongan media yang dibuat oleh orang lain dan membagikannya dengan audiens Anda. Ini bisa sangat bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Hal utama yang harus Anda pastikan adalah memberikan kredit yang layak kepada pembuat asli konten yang Anda bagikan. Jika kamu mau mengambil potongan tanpa memberikan kredit kepada pemilik konten, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut.

Anda akan menjiplak konten, bukan mengkurasinya. Pikirkan kurasi konten seperti mengumpulkan informasi untuk makalah penelitian. Anda mempresentasikan ide-ide yang telah dibagikan oleh orang lain tetapi Anda memberi mereka kredit melalui catatan kaki, catatan akhir atau daftar pustaka.

kelebihan metode Kurasi adalah :

  • Anda dapat memberikan informasi berharga kepada audiens Anda Ketika Anda membagikan konten yang dikuratori dengan baik, itu masih sangat bermanfaat bagi audiens Anda. Anda adalah ahlinya dan Anda tahu informasi apa yang paling berdampak. Anda juga mengidentifikasi informasi yang paling penting.
  • Anda dapat menghemat uang untuk biaya pembuatan Konten yang dikurasi telah dibuat. Anda hanya menemukan informasi yang tersedia dan memilih apa yang ingin Anda gunakan. Ini dapat membantu ketika Anda tidak memiliki anggaran untuk membuat konten.
  • Anda dapat menghemat waktu. Membuat konten membutuhkan waktu. Jika Anda menggunakan konten yang dikurasi, Anda
    menghemat waktu pembuatan dan dapat menggunakan waktu itu untuk melakukan hal lain.
  • Anda dapat memposisikan diri Anda atau perusahaan Anda sebagai pembuat selera Ketika orang mulai mengandalkan Anda untuk berbagi informasi berharga dengan mereka, mereka mulai menganggap Anda sebagai pembuat selera. Anda menunjukkan keahlian Anda dengan menjadi dikenal karena mengidentifikasi informasi apa yang penting dan harus dibaca dan atau digunakan. Ini bisa sangat membantu jika Anda ingin memposisikan diri Anda sebagai ahli dalam industri tertentu.

Ada banyak nilai dalam kurasi konten, tetapi saya mengingatkan Anda untuk tidak terlalu mengandalkannya atau tidak meluangkan waktu untuk menemukan konten yang benar-benar bermanfaat dan akan mendukung upaya branding bisnis Anda. Ada spesialis kurasi konten yang akan menggembar-gemborkan manfaatnya tanpa menyebutkan tantangannya. Jangan terjun ke arena kurasi konten tanpa meluangkan waktu untuk mempertimbangkan semua sisinya.

Kontra di dalam Kurasi

• Anda harus berhati-hati untuk memverifikasi informasi yang Anda bagikan. Anda tidak dapat berasumsi bahwa konten yang Anda bagikan itu akurat. Ingatlah bahwa konten apa pun yang Anda kurasi adalah cerminan merek Anda setelah Anda membagikannya. Bahkan jika Anda memberikan penghargaan yang tepat kepada pembuat konten asli (yang seharusnya selalu terjadi); Anda masih bertanggung jawab untuk berbagi informasi. Jika salah satu pelanggan Anda mengeluh atau menemukan kesalahan dalam konten yang Anda bagikan, Anda harus menjawabnya. Anda harus menyadari hal ini dan memastikan bahwa Anda yakin akan keakuratan informasi yang Anda bagikan.

• Butuh waktu untuk mengkurasi konten dengan baik.
Meskipun mungkin tidak memakan banyak waktu untuk membuat konten seperti halnya membuatnya, Anda tidak dapat melakukannya dengan sembarangan atau terburu-buru. Anda menggunakan konten ini sebagai cara untuk memberi manfaat bagi merek Anda dan itu harus selalu diingat. Ini berarti Anda harus meluangkan waktu untuk benar-benar meneliti konten yang akan Anda bagikan. Bahkan jika Anda tidak membuatnya sendiri, Anda harus dapat membagikannya dengan tingkat kepercayaan yang sama.

• Anda menyediakan platform untuk siapa pun yang membuat konten Dengan berbagi konten yang dibuat oleh orang lain, Anda secara efektif menyediakan platform untuk orang atau organisasi tersebut. Ini dapat menguntungkan Anda tetapi juga dapat mengirim pelanggan Anda ke organisasi lain yang dapat menjadi pesaing potensial. Anda harus memilih sumber konten Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa itu adalah merek yang tidak keberatan Anda promosikan dan bukan merupakan pesaing langsung.

Mengkurasi konten bisa sangat berharga dan cara yang bagus untuk memberikan informasi tanpa harus membuatnya sendiri. Kunci kurasi konten yang baik adalah riset, moderasi, dan wawasan.

Cara Membuat Konten Yang Menarik Sendiri

Saat Anda ingin berbagi konten, Anda dapat memutuskan bahwa Anda lebih suka membuatnya sendiri. Ini jelas merupakan cara yang layak untuk dilakukan tetapi ada pertimbangan yang harus dilakukan sebelum Anda melangkah maju.

Kelebihan dengan membuat konten sendiri

• Anda memiliki kendali atas konten Saat Anda membuat konten sendiri, Anda memiliki kontrol kreatif atas tampilannya dan bagaimana informasi disampaikan. Ini memastikan bahwa produk jadi persis seperti yang Anda inginkan dan cerminan yang tepat dari merek Anda.

• Anda adalah sumber dan konten yang paling mencerminkan pengetahuan dan wawasan Anda Ketika Anda membuat konten Anda sendiri, Anda tahu bahwa itu adalah cerminan sejati dari tingkat pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri. Anda dapat berbicara dengan percaya diri tentang hal itu ketika ditanya. Anda juga dapat dengan nyaman
mempertahankannya jika ada yang memiliki pertanyaan tentangnya.

• Anda memiliki hak eksklusif atas konten Anda Konten apa pun yang Anda buat sepenuhnya dimiliki oleh Anda dan perusahaan Anda. Anda memiliki kemampuan untuk menggunakannya kembali sesuai keinginan Anda. Anda tidak perlu meminta izin atau memberikan penghargaan kepada orang lain. Jika sepotong konten yang Anda buat menjadi viral, Anda dapat mengambil kredit penuh untuk itu dan menuai semua manfaatnya.

• Anda dapat secara khusus menyesuaikan konten Anda dengan audiens Anda. Saat Anda mengkurasi konten, Anda tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikannya dengan audiens spesifik Anda. Anda harus mewakilinya apa adanya. Saat Anda membuat konten Anda sendiri, Anda memiliki fleksibilitas untuk membuatnya berbicara paling efektif dengan target demografis Anda. Ini penting karena Anda mungkin memiliki banyak audiens dan perlu mengubah pesan Anda sesuai dengan itu.

Ada beberapa manfaat besar untuk membuat konten Anda sendiri, itulah sebabnya begitu banyak bisnis melakukannya. Tetapi ada juga beberapa kontra yang harus dipertimbangkan dan ditimbang sebelum mulai membuat konten Anda sendiri.

Kontra membuat konten sendiri

• Membuat konten bisa sangat memakan waktu Ketika Anda ingin membuat dan membagikan konten sebagai cerminan bisnis Anda, Anda harus siap meluangkan waktu untuk melakukannya dengan cara terbaik. Ini berarti Anda dapat menghabiskan banyak waktu untuk memastikan konten Anda terlihat seperti yang Anda inginkan dan mengkomunikasikan pesan Anda dengan cara yang paling mendukung merek Anda.

• Membuat konten dapat menghabiskan uang Bergantung pada jenis konten yang ingin Anda buat, Anda mungkin harus melakukan investasi finansial untuk melakukannya dengan baik. Karena konten apa pun yang Anda buat adalah cerminan langsung dari merek Anda, Anda tidak ingin berhemat pada kualitasnya. Terkadang kualitas itu membutuhkan uang.

• Anda mungkin ditekan untuk membuat konten secara konsisten Setelah Anda membuat konten, Anda mungkin merasa tertekan untuk melakukannya lagi. Beberapa bentuk konten sangat cocok untuk menjadi salah satu kreasi yang dapat Anda gunakan secara konsisten. Bentuk konten lain dapat menempatkan Anda pada posisi di mana Anda ingin membuat lebih banyak konten setelah Anda berhasil melakukannya. Ini dapat menyebabkan lapisan harapan tambahan di atas harapan lain yang ingin Anda penuhi.

• Konten Anda mungkin hanya mencerminkan satu aspek bisnis Anda Sebagian besar bisnis memiliki banyak segi dengan lapisan dan wawasan berbeda yang membentuk satu merek. Konten yang efektif harus fokus secara tunggal yang berarti Anda harus memilih satu aspek dari merek Anda untuk disorot dengannya. Ini berarti bahwa konten Anda dapat menciptakan persepsi bahwa merek Anda sepihak.

Memulai Cara Membuat Konten Yang Menarik

Membuat konten adalah bagian yang sangat layak dari strategi pemasaran konten yang kuat. Kunci untuk membuat konten yang baik adalah persiapan, keaslian, dan pemikiran konservatif.Persiapan.

1. Membuat Persiapan

Cara terbaik untuk menghindari biaya yang tidak perlu adalah mempersiapkan diri sebelum Anda mulai membuat konten. Penting untuk menentukan cakupan dan visi keseluruhan konten Anda untuk melihat di mana Anda mungkin menemukan biaya atau hambatan.

Dalam hal ini, mungkin yang terbaik adalah membuat jenis konten berbeda yang akan melayani tujuan yang sama tetapi dengan investasi waktu, uang, atau keduanya yang lebih kecil.

2. Perhatikan keaslian materi dari konten tersebut

Inti dari membuat konten adalah untuk berbagi pengetahuan dan suara Anda dengan audiens Anda. Anda harus melakukan ini secara otentik agar bermanfaat. Anda tidak ingin konten Anda terlihat terlalu menjual atau tidak jujur.

Temukan suara asli Anda sebelum Anda mulai membuat konten dan bekerja untuk memastikan bahwa itu adalah benang merah dalam semua strategi pemasaran Anda.

3. Berpikir konservatif

Beberapa pemilik bisnis akhirnya menghabiskan banyak waktu dan uang untuk membuat konten karena ide mereka sangat tinggi. Terkadang roket dan pelangi adalah satu-satunya cara untuk pergi, tetapi di lain waktu Anda dapat menguranginya untuk tetap menyampaikan pesan Anda.

Jika Anda seorang pemikir besar, seringkali penting untuk menjalankan ide Anda melewati pemikir yang lebih konservatif untuk melihat apakah ada cara untuk membuat ide Anda lebih realistis. Itu tidak berarti Anda harus membuat konten Anda kurang efektif, tetapi Anda harus terbuka untuk membuatnya tidak terlalu mencolok. Sementara orang terkesan dengan lonceng dan peluit, mereka bertahan untuk nilai. Fokus pada pemberian nilai.

Saat Anda membuat kampanye pemasaran konten, penting untuk mempertimbangkan semua opsi Anda dan itu termasuk bagaimana Anda mendapatkan konten Anda. Seperti halnya elemen bisnis lainnya, ada pro dan kontra untuk memutuskan apakah Anda ingin membuat konten atau membuatnya sendiri. Yang terbaik untuk mendidik diri sendiri kemudian membuat keputusan.

cara membuat konten yang menarik

Kesimpulan cara Membuat Konten Yang Menarik

Pada akhirnya terserah Anda untuk memutuskan apa yang paling berhasil. Campuran konten yang dikuratori dan dibuat bisa sangat bermanfaat. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat dari keduanya tanpa khawatir tentang tekanan yang datang dengan mempertahankan keduanya dengan benar. Ini adalah alasan lain mengapa meluangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan strategi pemasaran konten Anda diperlukan.

Anda dapat duduk dan membuat peta tentang bagaimana Anda berencana untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan konten Anda. Anda dapat memutuskan campuran terbaik dari konten yang dikurasi dan dibuat dan bagaimana Anda akan membagikannya untuk efektivitas maksimum. Anda mungkin ingin memulai dengan konten yang lebih terkurasi saat Anda bekerja hingga memiliki waktu untuk membuat konten Anda sendiri yang bagus dan solid.

Meluangkan waktu untuk meneliti dan membaca berbagai jenis konten tidak hanya akan memberi Anda informasi untuk dibagikan, tetapi juga akan menunjukkan kepada Anda berbagai jenis konten yang sudah ada. Ini bisa memberi Anda beberapa inspirasi untuk jenis konten yang dapat Anda buat dan kemampuan untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Meskipun perencanaan ini membutuhkan waktu pada awalnya, ini akan menghemat waktu Anda dalam jangka panjang.

Salah satu alasan pemilik bisnis menghabiskan banyak waktu untuk konten dan menanggung risiko kewalahan atau kekurangan manfaat, adalah karena mereka melompat dengan kedua kaki tanpa mempersiapkan terlebih dahulu. Jangan lakukan itu. Bahkan jika Anda merasa tidak punya waktu untuk berhenti dan fokus menyusun strategi baru, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu.

Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari pemasaran konten jika Anda mempersiapkannya
dengan baik.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us