Takut memulai bisnis

Takut Memulai Bisnis? Ini Solusinya!

Profit profit profit! Maunya untung terus nih, ya ngga salah sih, semuanya kalau sudah bicara bisnis, tentunya kita harus bisa untung-lah! Masa kita bisnis tujuannya untuk rugi dan buntung, benar ngga teman-teman? Hanya saja banyak yang hanya omdo alias omong doang, kenapa? Karena banyak yang takut memulai bisnis. Memang sih, buat rencana, buat angan-angan itu jauh lebih gampang daripada memulai dan melakukan action. Melakukan itu lebih susah daripada cuman angan-angan. Hehehehe

Katakanlah misalnya Anda mau berbisnis usaha catering makanan sehat, maka Anda harus lakukan itu segera. Jangan ditunda ntar, besok, keburu moment dan energi semangat itu menguap habis seperti es. Kelamaan take action akhirnya ngga pernah jadi bisnis di dunia real. Cuman ada bisnis di pikiran Anda saja.

Ada Rasa Takut Untuk Memulai Bisnis

takut memulai bisnis
Take Action Solusi Mulai Bisnis

Kadang saya dapat DM dari teman-teman yang nanya, begini nih “Saya mau deh punya bisnis, tapi…”

Coba cek deh, Kalo kita udah nemu kata ‘tapi’ saya langsung senyum deh, kenapa? Lah, kalo niat mau punya bisnis dan maunya sukses, harusnya ya cari cara dong, bukan malah cari alasan, ya nggak teman-teman. Ya intinya sih cuman satu yang menghalangi kita untuk sukses bisnis, yaitu rasa takut memulai bisnis tersebut.

Kalau kita mau sukses itu harus punya komitmen, tidak bisa hari ini kita hanya berkata “iya”, “besok aja”, “engga dulu deh ribet”. Kebanyakan malah akhirnya berujung penundaan, besok, ntar dan sebagainya.
Ujung-ujungnya kebanyakan rencana, deh dan akibatnya ngga ada geraknya sama sekali, dan pada akhirnya hanya jadi plan doang.

Saya juga paham, kalau Anda punya banyak keraguan, ketakutan.

…Takut mulai bisnis karena ngga punya modal

…Takut mulai jualan karena kuatir ngga ada yang beli nantinya

…Intinya apa? Intinya ya pada takut gagal. Nah tuh….

Tapi kalau kita ini ngikutin rasa takut aja, itu bakalan ngga akan ada habisnya, lho

Rasa takut itu mau dan tak mau tetap harus dilawan, istilahnya untuk bisa tau sukses dibisnis tersebut, mau tak mau kita harus coba. Kalau tidak ya bakalan kita cuma bisa berangan-angan mau punya bisnis doang. “Oh, ya saya punya plan bisnis fashion, bisnis produk kesehatan”. Cuman sekedar plan doang akhirnya.

Kita nggak akan pernah tahu hasilnya seperti apa, kalau kita ngga berani coba, ngga berani memulainya.
Yang penting Anda berani mulai dulu.

Sekedar ide saja kalau sama sekali ngga punya modal, ya solusinya harus ambil peluang bisnis yang tanpa modal. Seperti menjadi broker properti atau bisa juga menjadi agen asuransi kesehatan di Bali, kalau Anda tinggal di Bali, ya. Kalau tinggal dikota lain, ya coba cari disana. Karena kedua bisnis ini memerlukan action segera di tempat lokasi sekitar Anda tinggal dan berada.

Temukan Ide Bisnisnya dan Segera Start Action

Apa ada cara mengatasi rasa takut memulai bisnis? Sebenarnya rasa takut gagal ini kan karena kita tidak mulai. Oleh karena itu cara mengatasi rasa takut ya, ambil tindakan dan lakukan saja. Hanya saja untuk melakukannya harus dengan penuh kewaspadaan. Artinya untuk melakukan bisnis, maka kita harus punya, perencanaan dari awal.

Temukan ide bisnisnya dahulu. Mau bisnis atau usaha apa? Anda bisa juga membaca di “Peluang Usaha di Bali 2021” buat acuan, karena itu konten saya buat berdasarkan riset. Bukan asal comot, tapi melalui riset apa role model bisnis tersebut masih bisa jalan dan eksis di masa pandemi 2021 ini.

Kalau tidak menguasai, ya belajar dulu, tapi jangan kelamaan. Banyak orang yang karena takut memulai bisnis, akhirnya cuman belajar doang. Belajar dan belajar terus sampai tua. Nah, kapan prakteknya….. Ya, ngga sih.

Menyusun langkah dengan benar akan mengurangi ketakutan dalam memulai bisnis :

  1. Buat Perencanaan
  2. Lakukan riset pasar apa bisnis tersebut bisa jalan
  3. Kalau ngga tau caranya riset yang belajar dong di internet banyak atau cari mentor.
  4. Cari produk atau kalau sudah punya keahlian ya jadikan sebagai produknya
  5. Atur segala sesuatu yang menunjang produk tersebut. Kalau produk fisik ya pikirkan kemasannya, harganya berapadan sebagainya.
  6. Tempat jualannya mau dimana? Mau buat toko konvensional atau online? Kalau online ya Anda bisa gunakan dulu start awalnya di marketplace macam Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada.
  7. Pikirkan juga, apa media promo yang cocok untuk hal tersebut. Sebagai gambaran di era digital ini media promo yang masih efektif sekali adalah melalaui sarana media sosial macam Facebook, Instagram, Youtube.
  8. Buat website atau landing page untuk bisnis tersebut. Karena Google masih merupakan media utama bagi banyak orang cari produk atau jasa yang mereka perlukan. Dan carinya ya, di Mesin pencari semacam Google itu. Nah supaya produk kita bisa ada di Google ya perlu namanya website. Setidaknya blog harus ada.
  9. START Jualan atau bisnisnya.

Nah ini ada video yang bagus dari salah satu mentor saya “Rico Huang” yang menjelaskan bagaimana mulai bisnis itu dan bisa menghasilkan. Anda bisa belajar dari video yang saya mau bagikan ini. Ya, setidaknya bisa membuka wawasan dan menambah pengetahuan untuk bisa memulai bisnis. Atau bisa buat bekal tambahan untuk mengatasi kegalauan akibat takut memulai bisnis.

Cara Mencari Produk dan Supplier
Cara Menjalankan bisnisnya
Ini toolsnya

Nah video-video diatas adalah salah satu cara saja untuk bisa memulai bisnis. Setidaknya bisa membantu Anda mengatasi rasa taku memulai bisnis, yaitu dengan memiliki pengetahuan dan role model bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Oke itu saja dulu dari saya, dan kalau Anda mau buat website atau Landing Page bisa langsung ke sini ya, jasa pembuatan website di Bali. Bisa koq melayani pembuatan website dari kota manapun di Indonesia. Harganya OKe punya dan desainya itu lho… keren banget.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us