Tips SEO Terbaru 2020

Tips SEO Terbaru 2020 Update April

Update tips SEO terbaru 2020. Untuk meranking suatu halaman website dengan kata kunci yang di target, memang bukanlah pekerjaan mudah. Karena secara umum memang tidak ada yang tau algoritma apa yang dimiliki oleh pihak Google. Ini kita berbicara mengenai Google ya. Karena memang pengguna Search Engine terbesar masih didominasi oleh mnah Google. Walaupun masih ada yang pakai Yahoo atau Bing. Tetapi melalui kaidah-kaidah yang diberikan oleh search engine Google, maka akan lebih mudah bagi kita untuk memahami kriteria apa sih yang harus dilakukan untuk bisa meranking suatu halaman website dengan kata kunci yang dibidik walaupun terdapat kompetitor yang tidak sedikit.

Berikut dari beberapa penelitian dari pakar SEO Internasional, terdapat setidaknya terdapat 9 point penting yang harus diperhatikan dalam tips SEO 2020 update April ini. Riset penelitian ini dilakukan dengan penelitian terhadap banyak kata kunci dan melibatkan analisa terhadap banyak website berlainan domain dan berbbagai kategori niche. Walaupun secara detail tidak disebutkan niche apa saja, tetapi setidaknya hasil yang mereka lakukan bisa bermanfaat bagi kita untuk bis a melakukan berbagai perbaikan dari website yang kita buat atau miliki.

Apa saja Yang kita Pelajari dari Tips SEO Terbaru 2020 ini yang bermanfaat sebagai cara meranking website

Karena itu baca terus ya dan semoga tips SEO ini bisa bermanfaat, setidaknya kita memahami apa sih yang masih berjalan, dan apa sih yang sudah tidak. Dan dalam penelitian ini, Google ya yang dibuat acuan riset.

9 Tips SEO Terbaru 2020 update April 2020 :

1. Otoritas

Ternyata kekuatan dari tautan yang memiliki otoritas masih memiliki peranan yang sangat penting dalam meranking suatu halaman website dengan kata kunci yang kompetitive. Dan ternyata bahwa otoritas tautan yang menuju pada keseluruhan situs web (cek by Ahrefs Domain Rating ) sangat berkorelasi dengan peringkat mesin pencari Google yang lebih tinggi. Dengan kata lain, semakin tinggi website Anda akan menuju halaman pertama Google, maka seharusnya semakin tinggi Peringkat Domain Anda (DA).

2. Tautan Balik

Tips SEO terbaru 2020 yang kedua adalah bahwa halaman Yang memiliki tautan balik ternyata dalam riset ini memiliki peringkat di atas halaman yang tidak memiliki banyak tautan atau istilahnya backlink. Baik backlink internal maupun external backlink. Dalam faktanya dalam penelitian yang dibuat ini ditemukan, hasil # 1 di Google memiliki rata-rata 3,8x lebih banyak backlink daripada posisi # 2- # 10. Dalam riset penelitian ini ditemukan juga sesuatu yang menarik. Yaitu bahwa sangat sedikit halaman memiliki backlink. Dan suatu kebenarannya ditemukan bahwa hampir 90% dari semua halaman suatu website tidak memiliki backlink. Webmaster hanya terlalu fokus pada satu halaman moneysite nya.

Apakah hal tersebuttidak bagus dalam nilai suatu website? Tidak diberikan perincian secara detai alasannya. Tetapi dalam penilaian kenaturalan suatu konten dan halaman website, hendaklah terdapat point penting dalam beberapa halaman moneysite dan halaman lain. Karena kalau hanya ada 1 halaman yang memiliki tautan banyak, maka seolah webmaster hanya membuat halaman moneysite 1 biji aja dan yang lain hanya halaman kanibal yang cman dipakai untuk memberi internal linking saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Google walaupun terus berprioritas dengan keaneka ragaman algoritma, banyak faktor tambahan, tetapi faktor tautan balik ini masih memegang skala prioritas dalam suatu ranking.

3. Kualitas Konten

Ternyata kualitas kedalaman suatu konten masih sangat memegang peranan penting. Karena itulah masih dengan suatu value bahwa “Content is a King” masih berlaku ya. Buat konten yang menarik, dengan pengupasan inti dari isi yang diulas. Buat semenarik dan sedalam mungkin. Robot mesin pencari memang cuman robot. Tetapi dengan perkembangan teknologi, robot-robot ini semakin canggih. Jadi kesimpulan point ketiga ini adalah bahwa konten yang berkualitas dengan pengulasan yang dalam merupakan salah satu cara meranking website menuju posisi yang lebih baik.

4. Kecepatan Halaman

Suatu hal yang sempat mengagetkan saya adalah ternyata dalam temuan yang dilakukan mereka adalah dinyatakan bahwa speed loading suatu webpage tidaklah berpengaruh pada ranking suatu halaman website. Tidak seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Tetapi ya. tidak ada yang tahu 100% percisnya….. atau mungkin point nya kecil, ya. Tetapi saran saya sih tetap lakukan yang terbaik sih. Lagipula siapa sih yang jaman era digital sekarang masih mau unya website yang lemot. Atau mau baca dari suatu website yang susah dibukanya, ya nggak? Untuk optimasi website yang lemot, silahkan lihat juga pos lainnya mengenai penyebab website lemot dan dapatkan solusinya secara tepat dan akurat.

Google Webmaster mengenai peranan speed loading website

5. Ref Domain

Hal ini adalah berapa tautan dari berapa domain. Dengan kata lain ditemukan ref domain sangat mempengaruhi suatu peringkat website. Semakin banyak domain yang memberikan tautan, tetap memegang peranan bagus. 10 tautan dari 10 domain lebih bernilai daripada 10 tautan dari 1 domain.

6. Tag Judul

Kalau sebelumnya banyak dikatakan Tag judul atau heading blog memiliki pengaruh pada ranking dan haruslah sesuai dengan kata kunci yang dibidik atau setidaknya dibidik. Tetapi dalam Tips SEO terbaru kali ini ditemukan dalam penelitian mereka bahwa korelasinya sangat kecil sekali. Tidak seperti sebelumnya. Tag judul yang memiliki kecocokan dengan kata kunci yang dibidik masih memiliki point sangat besar dalam penilainan OnPage SEO. Wah… pantesan aja ya, kalau kita lihat peringkat di halaman pertama jadi pada rancu semua, ya…. Jadi susah ditebak lagi.

Jadi dapat disimpulkan di point 6 ini adalah bahwa optimasi tag judul atau heading blog , H1 mungkin bisa jadi sebagai salah satu faktor, yang dapat membantu website kita menembus halaman pertama Google. Namun, H1 yang exact dengan keyword untuk saat ini mungkin sudah tidak cukup kuat untuk memberi point pada peringkat yang bisa membuat halaman naik ke posisi atas.

7. Page Authority

Nah bagaimana sekarang dengan pengaruh Page Authority dari suatu domain? Biasanya kalau beli domain expired atau mau memberi value ke domain website kita ada 2 faktor, yaitu DA dan PA. Nah kalau DA tadi disebutkan memiliki pengaruh kuat. Bagaimana dengan Page Authority ini?

Ternyata ditemukan korelasi tetapi tidak sekuat dahulu sebagai faktor yang memiliki pengaruh kuat dalam peringkat suatu website. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa secara khusus, sebuah halaman web pada posis i#6 teratas, memiliki nilai PA yang HANYA sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan web lain yang berada pada posisi #7-10. Jadi tetap lebih prioritas pada DA.

8. Panjang Suatu Konten

Nah ini biasanya yang banyak ditanyakan. Berapa panjang sih menulis suatu konten yang disebut berkualitas? Memang biasanya yang memiliki peringkat, memiliki konten yang panjang ya. Nah sekarang bagaimana dengan hasil penelitian mereka? Ternyata ini : Secara total keseluruhan, disimpulkan bahwa jumlah rata-rata dari kata pada rangking top 10 Google adalah 1.447 kata. So….. ingat ini ya.

Tetapi tetap perhatikan memang penulisan konten yang panjang tidaklah mudah. Tetapi mau tidak mau. Konten panjang dan berkualitas itulah yang diminta. Karena yang dikehendaki dalam suatu halaman website adalah informasi penting dan lengkap. catat ini ya : “Penting dan Lengkap tersaji dalam 1 halaman”. Hindari penulisan halaman website yang hanya diisi dengan konten yang tipis. Atau dengan kata lain kebanyakan orang mengejar banyaknya jumlah halaman dari website tersebut. Biasanya mereka kejar 10 halaman pertama, 30 halaman berikutnya dan 100 halaman target ketiga. Tetapi ya, itu dulu. Sekarang dalam Update SEO terbaru 2020, kita sudah tidak bisa lagi seperti itu.

Dulu bisa buat kontent isi 100 kata, post dan sore post lagi 100 kata, dan boom…ranking naik. Sekarang sudah bukan jamannya seperti itu. Yang dikehendaki adalah informasi yang berkualitas dalam satu halaman website. Dan tentu saja bukan konten yang tipis tadi, ya. Karen konten tipis sering dan kebanyak diidentikkan dengan konten Spam atau konten yang ala kadarnya.

9. Panjang Url

Dalam penelitian kali ini ditemukan bahwa secara khusus, panjang URL yang berada pada posisi #1 rata-rata lebih pendek 9,2 karakter dibandingkan dengan URL yang berada di peringkat bawah. Dan rata-sata pada 10 besar ranking ditemukan panjang URL adalah 66 karakter. Dihitung dari mulai nama domain, ya.

Sebagai contoh saja : URL pendek seperti superwebsite.id/my-post akan lebih mudah dipahami oleh robot Google daripada superwebsite.id/2/04/2020/seo/tips-seo-terbaru-2020-pageid = 774/ .

Jadi set permalink Anda dengan benar ya. Buat ringkas tetapi sudah mencerminkan inti dan isi dari halaman yang kita buat.

Kesimpulan dari Semuanya Mengenai Tips SEO Terbaru 2020

Itulah 9 Tips SEO terbaru 2020 Update April 2020 ya. Riset ini dilakukan oleh pakar SEO International “BD” dengan analisa tool Ahrefs. Dengan 9 tips ini yang merupakan pedoman dasar dari peringkat website yang bisa mendominasi ranking dengan kata kunci terbidik. Tentu saja masih banyak point dalam algoritma Google ini. namun setidaknya 9 tips ini bisa sebagai penambah pengetahuan kita untuk meranking website. Untuk berikutnya akan kami update lagi jika ada perkembangan baru lagi. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau hal tambahan lagi, Silahkan teman-teman bisa tambahkan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Need Help? Chat with us